Friday, June 10, 2011

Sedikit catatan tentang virus - semoga bermanfaat

Virus didefinisikan sebagai suatu aplikasi yang dapat mereplikasi diri dalam suatu jaringan komputer.

Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux, GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM dan Sun Mycro System"

Beberapa kategori virus berdasarkan cara kerjanya :

1. Trojan

Virus ini mengambil data pada komputer yang diinfeksinya dan mngirimkannya ada si pembuat trojan tersebut.

2. Backdoor

Sebenarnya ini adalah program khusus yang dibuat oleh pengembang sebuah software yang fungsinya untuk mempermudah programer tersebut memasuki program buatannya seandainya ia ingin memperbaiki program buatannya tersebut. Namun teknik ini digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membobol jaringan komputer korban dan mengambil data - datanya. Umumnya Backdoor ini berbentuk "file yang baik - baik" saja seperti program game misalnya.

3. Worm

Virus jenis ini menduplikasikan diri/memperbanyak diri secara otomatis pada hard disk, shingga kapasitas memory bebas hard disk berkurang karena terpakai untuk file virus ini. Umumnya worm Tidak bersifat merusak, namun serangannya dapat memperlambat kinerja komputer karena memory RAM digunakan secara kontinyu untuk mencopy file virus dan membahayakan bagi mail server.

4. Macro

Virus yang dibuat dengan memanfaatkan fasilitas pemprograman mouler pada suatu program aplikasi seperti Ms. Word, Ms. Excel dan Corel World Perfect. Bahaya yang ditimbulkan hampir sama dengan virus lain.

5. Rogue

Si virus "penipu". Viirus ini meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal. Virus ini memberika peringatan palsu adanya virus pada pc. Tujuannya agar pengguna pc tersebut membeli dan mengaktivasi peogram antivirus palsu tersebut. Bahaya rogue lainnya adalah dapat membuka celah keamanan dalam pc untuk mendatangkan virus !

Pada perkembangannya, teknik pemalsuan ini juga digunakan pada program - program aklerasi dan perbaikan pc semacam tune up utility yang disebut dengan istilah Scam.

6. Rootkit

Virus yang bekerja menyerupai sistem komputer.

7. Polymophic

Virus yang suka berubah - ubah diri agar tidak mudah terdeteksi. Seringnya menyamarkan diri dengan menyerupai program - program yang mirip dengan program yang ada pada komputer yang diinfeksinya.

8. Metamorphic

Mirip dengan polymorphic, virus ini juga suka mengubah - ubah dirinya. Hanya saja ia lebih spesifik yaitu mengubah codec pada file induk sehingga sulit untuk dideteksi.

9. Spyware

Program mata - mata, umumnya untuk memata - matai pc yang sudah terinfeksi virus yang disertainya.

Sorce : http://www.hackerliar.com/

No comments:

Post a Comment

Mohon komentarnya gan, jangan lupa di share juga ke Facebook

Silahkan Comment sesuka hati ^^

Blog Archive

Popular Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...