Monday, May 9, 2011

8 Tips SEO Untuk Blogger Pemula

Belajar blog dan belajar SEO. “Apa langkah-langkah pertama untuk mengoptimalkan blog saya pada mesin pencari?” Ini adalah pertanyaan pertama yang muncul ketika seseorang baru selesai membangun blog, apalagi blogger pemula. Banyak yang telah menulis mengenai topik optimasi mesin pencari untuk
blogger – tapi izinkan saya memberi Anda beberapa dasar langkah pertama:


  1. Konten adalah Raja. Kualitas posting yang Anda tulis adalah satu-satunya faktor paling penting dari Optimasi mesin pencari pada sebuah Blog. Lalu bagaimana membuat konten yang bagus? Konten dalam hal ini artikel yang baik harus sejalan dengan tema blog, mengandung keyword dan tersebar dalam artikel. Idealnya adalah sebuah konten harusnya antara 700-1000 kata. Itu kalau bisa. Konten berkualitas yang membantu blogger untuk menarik pembaca agar berbagi apa yang telah Anda tulis dan tentu saja ini membantu pencarian Anda naik peringkat mesin pencari.
  2. Mengantisipasi Apa yang dicari orang. Setiap kali Anda menulis suatu artikel, Anda harus secara otomatis mempertimbangkan kata-kata apa yang mungkin dicari orang-orang dalam mesin pencari untuk menemukan artikel yang Anda tulis. Setelah Anda tahu jenis kata yang mungkin mereka ketik pada mesin pencari, berarti Anda sudah berada dalam posisi yang bagus untuk pencarian.
  3. Titel Artikel. Hal yang perlu diingat ketika menulis titel artikel adalah bahwa om Google sangat perhatian kepada titel artikel jadi pastikan Anda menulis titel artikel dengan benar sesuai isi. Pastikan bahwa Anda mengatur menempatkan blog Anda dalam judul posting dan selalu ada ‘tag judul’ di bagian belakang blog Anda. Jika Anda hanya melihat dari sudut pandang SEO tidak menyertakan nama blog Anda dalam judul posting tag tunggal, ini melemahkan kata kunci Anda.
  4. Kata Kunci di bagian lain dari posting Anda. Gunakan kata kata kunci dalam posting dan menyebar pada beberapa bagian artikel. Perlu diketahui juga bahwa sangat jarang pencari informasi menulis kata tunggal tetapi pada umumnya mereka mencari informasi dengan mengetik sebuah frase kalimat. Jadi gunakan frase dalam sub judul pada posting Anda, gunakan dalam konten itu sendiri, frase kata-kata dalam tag alt gambar dan lain-lain.
  5. Link ke posting lain. Ada 3 kemungkinan link pada sebuah artikel yaitu link dari luar, link keluar, dan link internal dengan posting lain pada blog anda. Link ke luar harap dibatasi jangan terlalu banyak dan harus ada link internal dengan artikel internal blog Anda. Usahakan setiap postingan Anda ada link ke berbagi tempat dimana pembaca dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang topik Anda tetapi juga mempertimbangkan kata kunci terhubung ke posting lain di blog Anda haruslah yang relevan msalnya di sidebar, halaman depan atau yang lain.
  6. Link dari luar Blog Anda. Link dari situs lain dengan Anda adalah kunci di SEO tetapi ini tidak mudah didapatkanapalagi link yang berkualitas. Mulailah untuk menghubungkan ke blog Anda ke situs lain dengan cara memberi komentar pada blog yang relevan. Link dari sosial bookmark tidak berpengaruh terhadap Pagerank tetapi mereka semua memberi potensi jalan orang untuk mengakses situs Anda dan mereka membantu dalam hal SEO.
  7. Plugins. Saya terus terang tidak banyak blogwalking, tetapi lebih tertarik meneliti dan memaksimalkan plugin. Mengapa? Karena blogwalking juga ada kekurangannya dan dalam hal tertentu plugin jauh lebih handal. Jadi carilah plugin yang ada hubungannya dengan SEO dan pelajari.
  8. Pembaca Mencari Pembaca. Ini bukan teknik SEO tetapi memainkan salah satu bagian. Semakin banyak pembaca yang Anda miliki lebih besar kemungkinan blog Anda dapat dipromosikan dan dicari oleh pembaca lainnya. Nampaknya ada hukum ‘bola bowling’ yaitu pola meluas yang terjadi pada sebuah situs ketika Anda mendapatkan momentum pembaca yang tumbuh dan diceritakan kepada orang lain dalam jaringan mereka. Mereka link ke Anda, mereka bookmark Anda, mereka kagum tentang Anda, mereka mengirim email ke teman-teman tentang Anda, mereka menyarankan situs Anda dalam rekomendasinya dan seterusnya.

    Tidak semua tuntutan ini langsung menyulap SEO blog Anda tapi akan tumbuh secara alamiah dari waktu ke waktu dan semua adalah pasti membantu lalu lintas pencarian. Saya rasa untuk mendapatkan pembaca lakukanlah cara apapun yang Anda bisa tidak hanya terfokus pada ‘SEO’ seperti itu. Firasat saya adalah bahwa banyak metode SEO tradisional kurang penting bahkan tidak dibenarkan, termasuk manipulasi keyword untuk mendapat pengunjung.

    No comments:

    Post a Comment

    Mohon komentarnya gan, jangan lupa di share juga ke Facebook

    Silahkan Comment sesuka hati ^^

    Blog Archive

    Popular Posts

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...